Posted in Komputer/IT

Administrasi Joomla


Joomla
Joomla

Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas instalasi Joomla pada localhost. Apabila Anda belum membaca tutorialnya, penulis sarankan untuk membacanya terlebih dahulu. Pada tutorial kali ini kita akan membahas administrasi dan konfigurasi Joomla pada localhost. Administrasi joomla pada localhost bisa dilakukan melalui halaman administrator joomla yaitu pada alamat http://localhost/joomla/administrator

Terms/Istilah

Berikut akan dijelaskan terlebih dahulu istilah-istilah yang digunakan oleh Joomla dalam mengelola fitur-fitur dan fasilitas yang disediakan oleh Joomla dalam membangun sebuah website lengkap.

Site & Administrator

Secara garis besar Joomla memiliki dua bagian utama yaitu Site dan Administrator. Site adalah website yang ditampilkan ke publik / pengunjung website. Sedangkan Administrator adalah halaman yang digunakan untuk administrasi situs Joomla yang terinstall. Bagian Administrator hanya bisa diakses oleh user khusus yang memiliki otoritas terhadap administrasi.

Content, Category, dan Section

Content adalah artikel yang akan ditampilkan pada website. Content bisa dikelompokan ke dalam kategori-kategori, contohnya: artikel tentang pendidikan, politik, ekonomi, dll. Joomla telah menyediakan fasilitas untuk pengelompokan ini yaitu dengan Section dan Category. Section, Category, dan Content diorganisasikan menurut hierarki sebagai berikut:

Section
   |
   |___Category
   |      |___Content
   |      |___Content
   |
   |___Category
         |___Content
         |___Content

Keterangan:

  • Section adalah hierarki tertinggi. Section berisi category-category.
  • Category adalah “anak” dari Section. Category berisi content-content.
  • Content adalah “anak” dari Category. Content adalah isi tulisan yang ditampilkan pada halaman website.

Untuk mengisi Content, pertama kali harus dibuat dulu Section dan Category-nya. Karena tiap Content harus memiliki Category, dan tiap Category harus memiliki Section. Tetapi ada satu tipe Content yang tidak memiliki Section dan Category, yaitu Static Content (Static Content disebut Uncategorized pada Joomla versi 1.5).

Template Manager

Template Manager berfungsi untuk mengelola template. Template adalah sekumpulan file (biasanya dalam format zip) yang berfungsi untuk mengubah tampilan website. Dalam CMS lain Template biasa disebut juga dengan Theme. Template yang bisa diubah adalah Template Site maupun Template Administrator. Tetapi umumnya yang diubah adalah Template Site, karena Site berhubungan langsung dengan pengunjung yang biasanya perlu tampilan yang menarik dan dinamis.

Template yang tersedia pada installasi default Joomla hanya sedikit. Ini biasanya tidak cukup untuk membuat website kita tampil unik/berbeda dengan website lain. Apabila ingin menambah Template, kita bisa menambah (menginstall) melalui menu Installers. File-file Template untuk Joomla bisa didownload dari situs-situs penyedia Template, salah satu nya adalah www.joomla24.com. Ataupun kita bisa membuat Template sendiri mengikuti aturan standard template dari Joomla.

Language Manager

Language Manager befungsi untuk mengubah bahasa antar muka. Sehingga bahasa yang digunakan pada website yang dibuat –pada elemen-elemen pesan, tombol, dan elemen lainnya– adalah bahasa yang kita inginkan yang kita set dari Language Manager ini. Installasi Joomla default hanya menyediakan bahasa Inggris saja (En-GB). Untuk menambah (menginstall) bahasa, file bahasa juga bisa didownload dari situs-situs penyedia file bahasa Joomla. Banyak penyedia file bahasa untuk Joomla di Internet. File-file tersebut bisa dicari di situs-situs pencari. Salah satunya yang disediakan oleh community Joomla yaitu http://community.joomla.org/translations.html.

Component

Component adalah elemen yang mempunyai fungsi spesifik, misalnya Component Polls yang berfungsi untuk mengelola polling (jajak pendapat). Component Banners yang berfungsi untuk mengelola banner (spanduk). Component Contacts yang berfungsi untuk mengelola data alamat. Biasanya Component ditampilkan di tengah-tengah tampilan (seperti Content). Component di dalam Joomla bisa ditambah (diinstall) apabila kita memerlukan fungsi tambahan untuk website kita. Banyak penyedia Component ini di internet secara gratis/open-source.

Module

Module adalah bagian-bagian yang akan ditampilkan pada website. Module bisa diposisikan dimana saja pada website, misalnya Module Menu Utama diposisikan di kiri, Module Banners diposisikan pada header, Module Statistik diposisikan di bawah, dll. Module ini hanya berfungsi untuk memposisikan elemen saja, bisa diibaratkan container / wadahnya saja. Sedangkan isi dari Module tersebut dibuat dengan manager lain, seperti Menu Manager, Banner Manager, dll. Module juga bisa ditambah (diinstall) sesuai kebutuhan website kita.

Sebetulnya masih banyak istilah dan konsep yang digunakan oleh Joomla dalam management websitenya, tetapi untuk permulaan sepertinya cukup untuk pengenalan administrasi dasar website Joomla.

Administrasi

Pada bagian ini kita akan mempraktekan bagaimana administrasi dasar sebuah website yang dibuat dengan Joomla.

Login dan Logout

Untuk memulai administrasi, kita harus login dulu ke halaman Administrator dengan alamat: http://localhost/joomla/administrator

admin-login
admin-login

Masukan Username dan Password sesuai dengan yang kita isi ketika instalasi Joomla, lalu klik tombol Login. Anda akan masuk ke halaman index Administrator.

admin-index
admin-index

Untuk Logout, klik Logout di kanan atas.

Check File & Folder Permissions

Agar semua fungsi dan fitur yang ada pada Joomla bisa bekerja dengan baik, maka kita harus check beberapa file dan folder agar bisa ditulis oleh webserver (tidak read-only). Caranya:

Pilih menu System > System Info > Permissions.

permissions
permissions

Apabila terdapat item yang berwarna merah (Unwriteable) maka kita harus mengubah permissionnya dulu agar bisa ditulis oleh webserver. Untuk host Linux, bisa dengan perintah:

cd /path/instalasi/Joomla/;
chmod 777 administrator/backups/ administrator/components/
administrator/modules/ administrator/templates/ cache/
components/ images/ images/banners/ images stories/ language/
mambots/ mambots/content/ mambots/editors/ mambots/editors-xtd/
mambots/search/ mambots/system/ media/ modules/ templates/
configuration.php

Jangan lupa mengubah /path/instalasi/Joomla/ sesuai dengan path instalasi Joomla di server kita.

Pada host Windows bisa dengan cara memilih file & folder terdaftar di atas tersebut lalu klik kanan > Properties > uncheck pilihan Read-only

Catatan: File configuration.php adalah file yang berisi data konfigurasi dari website Joomla yang terinsall. Jadi untuk mengubah konfigurasi website Joomla kita, maka kita harus membuat file ini agar bisa ditulis oleh webserver.

Membuat Website Offline Sementara

Untuk membuat website Joomla offline –agar tidak bisa diakses oleh pengunjung– yaitu caranya:

  1. Pilih menu Site > Global Configuration > Pilih tab Site
  2. Pada pilihan Site Offline, pilih Yes

    offline
    offline
  3. Klik Save untuk menyimpan perubahan

    save
    save

Menambah Section, Category, dan Content

Content adalah tulisan/artikel yang ditampilkan di halaman website. Sedangkan Section dan Category berfungsi untuk mengelompokan Content. Untuk menambah Content, harus sudah ada Section dan Category. Pada sample data Joomla telah tersedia beberapa Section dan Category, tetapi apabila diperlukan Section & Category tambahan maka kita bisa menambahnya sesuai kebutuhan website kita.

Menambah Section

Untuk menambah Section:

  1. Pilih menu Content > Section Manager
  2. Klik New

    new-section
    new-section
  3. Isi Title dengan nama Section baru. Title ini akan ditampilkan pada menu. Biasanya ringkas.
  4. Isi Section Name dengan nama Section baru juga. Section Name akan ditampilkan pada heading halaman. Biasanya lebih panjang dari Title.
  5. Isi Description dengan penjelasan singkat mengenai Section yang baru dibuat tersebut.
  6. Klik Save

Menambah Category

Untuk menambah Category:

  1. Pilih menu Content > Category Manager
  2. Klik New

    new-category
    new-category
  3. Isi Title dengan nama category baru. Title ini akan ditampilkan pada menu. Biasanya ringkas.
  4. Isi Category Name dengan nama Category baru juga. Category Name akan ditampilkan pada heading halaman. Biasanya lebih panjang dari Title.
  5. Pilih Section yang akan menjadi parent dari Category ini.
  6. Isi Description dengan penjelasan singkat mengenai category yang baru dibuat tersebut.
  7. Klik Save

Menambah Content

Setelah ada Section dan Category, maka kita bisa menambah Content. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan Content Manager, yaitu dengan cara:

  1. Pilih menu Content > All Content Items
  2. Klik New

    new-content
    new-content
  3. Isi Title dengan judul tulisan/artikel yang akan dibuat
  4. Isi Title Alias dengan nama lain/alternative dari judul
  5. Pilih Section yang akan menjadi parent dari Content ini
  6. Pilih Category yang akan menjadi parent dari Content ini
  7. Isi Intro Text dengan cuplikan tulisan/artikel
  8. Isi Main Text dengan tulisan lengkap dari artikel yang akan dibuat
  9. Klik Save

Sedangkan untuk menambah Static Content, bisa dibuat dengan cara:

  1. Pilih menu Content > Static Content Manager
  2. Klik New
  3. Isi Title dengan judul tulisan/artikel yang akan dibuat
  4. Isi Title Alias dengan nama lain/alternative dari judul
  5. Isi Text dengan tulisan lengkap dari artikel yang akan dibuat
  6. Klik Save

Mengelola Front Page

Content yang dibuat tidak otomatis tampil di halaman depan (Front Page) website. Untuk menampilkan Content pada halaman depan, harus diaktifkan dengan cara:

  1. Pilih menu Content > Content Items Manager
  2. Klik Front Pagepada Content yang diinginkan agar menjadi dicentang (V).

    front-page-check
    front-page-check

Untuk menyusun/sortir content yang ada di Front Page, yaitu dengan cara:

  1. Pilih menu Content > Front Page Manager
  2. Isi Orderdengan urutan yang dikehendaki

    front-page-order
    front-page-order
  3. Klik icon Save pada samping tulisan Order untuk menyimpan order

Mengubah Template

Untuk mengubah template atau tampilan website Joomla, maka bisa dilakukan dengan cara:

  1. Pilih menu Site > Template Manager > Site Template
  2. Pilih (check) salah satu dari template yang disediakan

    template-manager
    template-manager
  3. Klik Default

    default
    default
  4. Klik Preview di kanan atas untuk melihat perubahan

Menginstall Template

Apabila kita memerlukan template tambahan, maka kita bisa menginstall template dengan cara:

  1. Pilih menu Installers > Template – Site
  2. Pilih Package File > Browse

    install
    install
  3. Pilih file Template dari hardisk
  4. Klik Upload File & Install

Catatan: File Template banyak disediakan oleh para designer di internet, salah satu situs penyedia template Joomla adalah www.joomla24.com. Kita bisa mendownload template dari situs tersebut. Ataupun kita bisa membuat sendiri Template mengikuti aturan standard Template Joomla.

Mengubah Bahasa

Untuk mengubah bahasa dari website Joomla kita, maka bisa dilakukan dengan cara:

  1. Pilih menu Site > Language Manager > Site Languages
  2. Pilih (check) salah satu language
  3. Klik Publish

Menginstall bahasa

Apabila kita memerlukan bahasa tambahan, maka kita bisa menginstall bahasa dengan cara:

  1. Pilih menu Installers > Languages
  2. Pilih Package File > Browse

    install
    install
  3. Pilih file Bahasa dari hardisk
  4. Klik Upload File & Install

Optimasi Performance dan SEO

Untuk meningkatkan performance dari website Joomla kita, kita bisa memanfaatkan beberapa fasilitas seperti caching, compression, dll. Tetapi ini tergantung konfigurasi dari webserver yang digunakan. Maka sebelumnya kita harus check dulu konfigurasi dari webserver apakah mendukung atau tidak. Apabila kita menyewa hosting, maka bisa ditanyakan ke supportnya.

Mengaktifkan Fitur Caching

  1. Pilih menu Site > Global Configuration
  2. Pilih tab Cache. Apabila terdapat tanda warning maka kita ubah dulu permission dari folder cache agar bisa ditulis oleh webserver (bisa dilihat kembali Check File & Folder Permission di atas)
  3. Pada pilihan Caching pilih Yes

    caching
    caching
  4. Klik Save

Mengaktifkan Fitur Compression

  1. Pilih menu Site > Global Configuration
  2. Pilih tab Server
  3. Pada pilihan GZIP Page Compression pilih Yes

    gzip
    gzip
  4. Klik Save untuk menyimpan perubahan

SEO

Untuk optimasi search engine, agar situs kita bisa lebih populer pada search engine maka Joomla telah menyediakan fitur seperti search engine friendly url, metadata, dll. Untuk konfigurasinya adalah sebagai berikut:

  1. Pada folder installasi joomla, rename file htaccess.txt menjadi .htaccess
  2. Pilih menu Site > Global Configuration
  3. Pilih tab SEO
  4. Pada pilihan Search Engine Friendly URLs pilih Yes

    seo
    seo
  5. Pilih tab Metadata
  6. Isilah Meta Description dan Meta Keywords dengan kata yang paling relevan dengan website kita, juga paling banyak dicari / populer. Kita bisa menggunakan Google Trendsuntuk membantu memilih kata-kata ini.

    metadata
    metadata
  7. Klik Save

Penutup

Demikian dasar-dasar administrasi Joomla. Meskipun sebetulnya masih banyak fitur yang belum tercakup pada tulisan ini, seperti user management, namun diharapkan kita bisa memahami garis besar bagaimana Joomla mengelola sebuah website juga cara-cara administrasi dan konfigurasi dasar dari website Joomla yang telah kita install. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca semua.

Wassalam

6 thoughts on “Administrasi Joomla

  1. Pak,
    Vana lagi blajar joomla juga nih, dah punya bukunya juga, tapi tetep gak ngerti nih Pak, kumaha nya…?🙂

    Semoga artikelnya mempermudah Vana belajar,,,

    Nuhun Pak Tris…

    1. amin..sama2 vana.
      ntar disambung ya artikel joomla nya…
      berhubung harus bikin screen capture…
      jadi agak lama.. tpi pasti di posting kok…
      sabar ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s