Posted in Islami

Perkara yang Paling Penting dalam Kehidupan Kita


 

ImanSesungguhnya perkara yang paling penting dalam kehidupan manusia adalah perkara iman. Iman ini lebih penting daripada harta, daripada pangkat, daripada anak istri, bahkan iman ini lebih penting daripada nyawa kita sendiri. Kapan kita akan tahu pentingnya iman ini? yaitu ketika kita sedang berada di dalam sakaratul maut. Pada saat itu kita akan menyadari pentingnya perkara iman ini. Karena Allah SWT tidak akan murka, jika kita mati tidak membawa rumah yang mewah. Juga tidak akan marah jika kita mati tidak membawa mobil yang bagus atau jabatan yang tinggi. Tetapi Allah SWT akan murka jika kita mati membawa iman yang tidak sempurna atau bahkan tidak membawa iman sama sekali.

Siapakah yang telah paham mengenai perkara iman ini? yaitu para sahabat r.hum ajmain. Mereka rela tubuhnya diseret di atas bara api, ada yang ditindih batu besar di panasnya padang pasir, ada yang kemaluannya ditusuk tombak, ada yang tubuhnya diseret dengan kuda sehingga menjadi terpisah-pisah, dan lain sebagainya. Ini karena mereka telah faham betapa pentingnya perkara iman ini. Mereka rela disiksa, menahan sakit, berkorban habis-habisan karena mereka yakin, hanya dengan iman yang sempurna Allah akan memberikan kejayaan dan kebahagiaan di dunia yang sementara dan di akhirat yang selama-lamanya.

Dan bukti, Allah SWT telah memberikan kejayaan kepada mereka, di dunia saja Allah berikan 2/3 dunia ini di bawah kaki para sahabat r.hum. Bagaimana mahkota raja parsi yang terbuat dari emas ini ditendang-tendang dijadikan permainan anak-anak mereka. Dan di akhirat Allah telah sediakan syurga yang mana syurga ini memanggil nama sahabat, saking ingin dimasuki oleh sahabat r.hum.

Sekarang kita jahil, kita rela panas-panasan hujan-hujanan bekerja banting tulang dari pagi sampai sore bahkan sampai larut malam, hanya untuk mendapatkan keuntungan dunia yang tidak seberapa. Tapi untuk pergi ke masjid shalat berjamaah, meluangkan waktu 15 menit saja kita merasa berat untuk melaksanakan. Bahkan kita anggap kerugian meninggalkan toko kita untuk sholat berjamaah di masjid. Inilah kejahilan kita, tidak tahu harga iman dan amal sholeh dan hanya mengetahui harga dunia saja. Kata ulama, inilah penyebab utama datangnya masalah-masalah kepada kita.

Tetapi kata ulama ada yang lebih penting dari perkara iman, yaitu bagaimana cara mengusahakan iman. Karena ibarat uang, uang ini penting, tapi lebih penting bagaimana cara mengusahakan uang. Jika kita memiliki uang yang banyak tapi tidak tahu cara mengusahakan uang, maka lama-lama uang kita akan berkurang dan akhirnya akan habis juga. Begitu juga dengan iman. Kita sekarang memiliki iman, tetapi jika tidak diusahakan, maka lama-lama iman kita akan terkikis dan lama-lama akan habis juga.

Lalu bagaimana cara mengusahakan iman? Yaitu dengan bermujahadah di jalan Allah. Berkorban dengan harta, diri, waktu di jalan Allah SWT. Meluangkan waktu di jalan Allah SWT, dan bukan mencari waktu luang. Karena ibarat kita ingin berenang di pantai tapi menunggu sampai tidak ada ombak. Maka ini tidak akan pernah terjadi, karena ombak selalu ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s