Posted in Islami

Jadilah Kumbang Jangan Jadi Lalat


Kumbang
Kumbang
Kumbang adalah serangga yang banyak memberi manfaat kepada manusia. Terutama karena menghasilkan madu yang telah terbukti di dunia medis sangat ampuh sebagai obat berbagai macam penyakit. Kumbang pun senantiasa hinggap di tempat-tempat yang bersih. Kumbang hinggap dari bunga satu ke bunga lain yang wangi dan indah, menghirup saripati bunga untuk ia jadikan bahan dasar pembuat madu. Ia menjadi mediator (perantara) penyerbukan pada bunga yaitu menjadi salah satu media bertemunya putik dan benang sari.

Berbeda dengan lalat, sama-sama berjenis serangga tetapi lalat ini banyak membawa masalah kepada manusia. Lalat biasa hinggap di tempat-tempat kotor, hinggap di sampah, kotoran-kotoran, benda-benda najis. Setelah itu kaki dan tubuhnya yang telah menempel dengan kotoran itu dibawanya hinggap pada makanan dan minuman manusia sehingga jika makanan dan minuman itu termakan/terminum jadilah manusia terserang penyakit. Jika lalat hingap pada luka, maka akan menambah parah luka itu, menjadi borok bernanah, menanamkan bibit-bibit penyakit dan alhasil merusak kesehatan manusia. Inilah dua jenis serangga yang sarat dengan sikap dan perilaku yang bisa kita jadikan bahan renungan dan pelajaran untuk hidup.

Jadilah seperti kumbang, mencari sesuatu yang halal dan bersih, memberi banyak manfaat untuk orang lain dengan akhlak dan harta kita dan menghasilkan sesuatu yang indah dalam hidupnya yaitu pesona keindahan akhlak yang mampu menjadi magnet dan contoh kebaikan bagi orang lain. Janganlah meniru lalat, keberadaannya selalu membuat susah orang lain, menyebarkan bibit-bibit permusuhan dan perpecahan ummat, menambah parah sakit yang diderita ummat, mulai beraktivitas dari tempat yang kotor, memakan sesuatu yang kotor dan menyebarkan kekotoran. Pendeknya sangat sulit ditemukan kebaikan pada diri lalat. Maka jadilah kumbang! Jangan menjadi seperti lalat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s