Posted in Islami

Empat Saluran Kolam


Kolam
Kolam
Hati ini ibarat kolam yang memiliki empat saluran. Saluran pertama adalah mata. Saluran kedua adalah mulut. Saluran ketiga adalah telinga. Dan saluran keempat adalah otak (fikiran). Kolam itu (hati) akan berisi air sesuai dengan air yang mengalir dari keempat saluran tadi. Jika yang mengalir melalui keempat saluran tadi adalah air susu maka kolam itu pun menjadi kolam susu. Apabila saluran-saluran ke dalam kolam tadi berupa air jernih dan bersih maka dapat dipastikan kolamnya pun akan terisi air jernih dan bersih. Sebaliknya jika yang mengalir melalui keempat saluran kolam tadi air kotor dan berbau busuk (najis) maka kolam itu pun akan terisi air yang kotor dan najis.

Maka keempat saluran yang masuk ke hati kita pun haruslah terjaga sumber dan isinya. Sebaiknya mata kita digunakan untuk memandang hal-hal yang disukai Allah SWT, seperti tilawah Al-Quran, bergaul dengan orang shaleh, pendek kata mata kita digunakan untuk perkara-perkara yang haq. Fikir kita digunakan untuk memikirkan kebesaran Allah SWT, kampung akhirat dan tanggung jawab agama, telinga digunakan untuk mendengar pembicaraan yang bermanfaat untuk kehidupan akhirat dan mulut pun digunakan untuk berhicara agama, iman dan amal shalih serta pembicaraan akhirat maka hati kita pun akan terisi dengan kebesaran Allah SWT sebagaimana kehendak dan ucapan: Laa ilaaha illallalah.

Jika empat saluran menuju ke hati difungsikan untuk kemungkaran dan kemaksiatan maka kolam hati pun akan terisi hal-hal yang dimurkai Allah SWT. Mata yang maksiat, mulut yang ghibah, berbusa dengan fitnah, hasad dan dusta kemudian fikir dipakai untuk hanya memikirkan perkara yang remeh (dunia) ini seperti melulu memikirkan makan, minum, syahwat, harta dan dunia. Telinga pun dibiasakan mendengar hal-hal yang maksiat dan mubadzir, maka hati kita akan keras, dan pada gilirannya hati akan sangat sulit menerima cahaya kebaikan (hidayah). Kalau sudah seperti ini bersiaplah hati itu untuk dicuci dan dibersihkan di dalam neraka jahanam. Naudzubillah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s