Posted in Islami

Akar Pohon


Kesempurnaan agama meliputi imaniah (pondasi iman), ibadah (praktek amal), mu’amalah (jual beli), mu’asyarah (hubungan bermasyarakat) dan akhlak. Imaniah sebagai pondasi dasar diumpamakan dengan akar pohon, ibadah diumpamakan batangnya, mu’amalah cabangnya (rantingnya), mu’asyarah ibarat daunnya, akhlak diumpamakan buahnya, dan ikhlas ibarat rasa manisnya buah. Barulah jika wujud seluruh komponen di atas maka kita akan mengatakan itu adalah sebuah pohon yang sempurna.

Iman seperti akar pada pohon. Akar menentukan keseluruhan pohon itu tumbuh, berkembang dan berbuah. Jika akar suatu pohon tercabut dan mati maka meskipun pohon itu berbatang kuat, berdaun lebat dan berbuah banyak suatu saat akan mati juga. Karena suplai makanan, air, dan udara dan zat-zat yang dibutuhkan oleh sebuah pohon berasal dan akar pohon.

Begitu pula halnya dengan agama. Jika imannya sudah kuat maka secara bertahap ibadah, mu’amalah dan mu’asyarah pun akan kuat yang pada akhirnya akan membuahkan akhlak yang mulia. Tetapi jika iman lemah, maka ibadah, mu’amalah dan mu’asyarah pun akan lemah juga yang pada akhirnya menghasilkan akhlak yang buruk. Sebagaimana akar pohon memiliki fungsi yang sangat vital pada sebuah pohon, maka iman pun berperan penting dalam diterimanya suatu amal di hadapan Allah s.w.t. Karena hanya amal yang dilandasi keimanan dan keikhlasanlah yang akan diterima oleh Allah s.w.t.

Untuk itu, usaha merawat dan meningkatkan iman menjadi sesuatu yang penting dan mendesak serta menjadi prioritas utama untuk segera dilaksanakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s