Posted in Islami

Pak Polisi


Pak Polisi

Pak polisi mempunyai tugas dan kewajiban. Polisi lalu lintas misalnya. Ia mempunyai kewajiban berseragam polisi, menghadiri upacara, mengisi absen kerja, mematuhi aturan main perpolisian. Tugas seorang polisi lalu lintas adalah mengatur lalu lintas di jalan raya. Apabila tugas dan kewajiban sebagai polisi lalu lintas itu dilaksanakan dengan baik maka setiap akhir bulan polisi itu menerima gaji dari pemerintah.

Bayangkan jika seorang polisi lalu lintas hanya melaksanakan kewajiban saja atau tugas saja. Misalnya ia berseragam, upacara ke kantor mengisi absen tetapi tidak bertugas di jalan raya untuk mengatur lalu lintas maka keadaan lalu lintas akan semrawut dan kacau balau. Begitu juga apabila seorang polisi lalu lintas melaksanakan tugas tetapi meninggalkan kewajibannya. Ia mengatur lalu lintas tanpa memakai seragam polisi, tidak membawa peluit dan atribut perlengkapan lainnya maka para pengguna jalan pun tidak akan ada yang mau menggubrisnya, malah mungkin disangka sebagai orang gila. Sudah begitu, di akhir bulan ia tidak akan mendapat gaji karena telah indisipliner (melanggar disiplin korps polisi lalu lintas).

Begitu pun umat Islam dilahirkan ke dunia ini memiliki kewajiban dan tugas. Kewajibannya adalah menghamba (ibadah) kepada Allah s.w.t. dan tugasnya adalah da’wah ilallaah (mengajak orang kepada Allah s.w.t.). Jika kewajiban dan tugas ini dilaksanakan dengan baik, maka kehidupannya akan bahagia dan beruntung. Gaji dan pahala yang telah dipersiapkan oleh Allah s.w.t. sangatlah besar terutama di akhirat kelak. Sebaliknya jika hanya melaksanakan kewajiban saja misalnya hanya ibadah tanpa mau melaksanakan tugas da’wah maka yang akan timbul adalah merasa shalih sendiri, tidak mau tahu nasib orang lain apalagi memikirkannya, dan agama lambat laun akan mati karena tidak ada yang menyebarkannya. Sebaliknya apabila hanya da’wah tanpa didukung ibadah yang kuat maka da’wah yang dilakukannya hanyalah main-main, ngawur, dan tanpa arah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s