Posted in Islami

Fikir Rasulullah


Rasulullah selalu merisaukan bagaimana ummat semuanya menjadi da’i, ummatnya mengamalkan agama dengan sempurna, dan ummatnya masuk syurga, terbebas dari adzab neraka. Tanda kasih sayang Rasulullah pada ummat adalah hari-hari Rasulullah selalu mendatangi ummat.

Jika telapak kaki Rasulullah diberi tanda merah, maka tempat-tempat di Mekkah dan Madinah semua berwarna merah karena pernah dilewati atau didatangi oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam rangka jumpa ummat.

Rasulullah diutus oleh Allah kepada semua manusia sampai hari kiamat. Rasulullah paham bahwa diri beliau tidak akan hidup sampai hari kiamat dan tidak bisa mendatangi semua manusia di ujung-ujung dunia, maka beliau mencetak semua sahabatnya untuk memiliki fikir dan risau beliau. Keberhasilan usaha dakwah Rasulullah ini menjadikan seluruh para sahabat semuanya 100 % adalah da’i, para sahabat mampu mengamalkan agama secara sempurna, dan para sahabat telah dijamin masuk syurga.

Dengan usaha dakwah selama 10 tahun di Madinah, Rasulullah telah membentuk 125 kali rombongan sahabat untuk mendakwahkan agama (iman dan amal) di tempat yang dekat atau jauh. Melalui para sahabat, agama tersebar ke seluruh alam sehingga sampai pada kita saat ini. Inilah maksud bahwa Rasulullah diutus sebagai rahmatallil ’aalamiin, yaitu menjadikan orang lain bukan hanya ahli ibadah, tetapi ahli dakwah.

Dengan usaha dakwah maka iman meningkat, meningkatnya iman ditandai dengan mudahnya melaksanakan amal ibadah mengikuti contoh Rasullullah, tanda ibadah betul hubungan dengan orang lain dalam muamalah dan mu’asyarah baik, dan pucaknya akhlaknya menjadi baik. Tanda akhlak baik mempunyai sifat kasih sayang, sabar, syukur, tawadhu’ sebagaimana sifat-sifat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Cara mudah untuk mengenalinya dapat dilihat pada raut mukanya yang sumringah (suka senyum) dan mudah bergaul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s