Posted in Islami

Air Putih


Berbicara fadhilah-fadhilah amal atau keuntungan-keuntungan amal seperti menyuguhkan air minum putih. Semua orang boleh dan tanpa pantangan untuk meminumnya. Onang yang mengidap kencing manis boleh meminum air putih, pengidap darah tinggi pun boleh meminumnya. Air putih adalah minuman yang bisa diterima semua orang.
Bila kita saat silaturahmi dan menyampaikan nasehat agama berbicara masalah keimanan, kebesaran Allah Subhaanahu wata’ala, adanya kampung akhirat, indahnya surga dan masalah di kubur dan neraka maka semua orang akan menyukainya. Nilai-nilai pahala jika disampaikan kepada masyarakat akan membangkitkan gairah untuk beramal. Karena pada dasarnya setiap manusia senang berbicara keuntungan-keuntungan sebab normalnya manusia menghendaki hidupnya beruntung.
Seandainya kita berbicara khilafiah atau politik praktis saat silaturahmi atau bayan (penjelasan) agama, tentunya tidak semua orang akan menyukainya. Ibarat menyuguhkan air kopi, bagi pengidap darah tinggi berbahaya. Teh manis bagi pengidap kencing manis juga berbahaya. Memang untuk sementara waktu selama kita berda’wah sebaiknya tidak menyentuh masalah-masalah yang menjadi titik perpecahan umat, karena usaha untuk menyatukan hati umat itu sangatlah berat dan sulit.
Sekali lagi, jika sering berbicara kebaikan maka kesan kebaikan akan ada dalam hati kita. Dan jika sering berbicara kejelekan maka kesan kejelekan akan masuk ke dalam hati kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s