Posted in Islami

Khidmat Hewan Kepada Manusia


Halaqah hewan yang terdiri dan sapi, kambing, anjing, dan babi sedang mudzakarah. Tiba-tiba topik pembicaraannya menyangkut persoalan khidmat dan manfaat diri mereka kepada manusia.

Sang sapi berkata kepada kambing, “Sungguh, akulah yang paling banyak berkhidmat dan bermanfaat kepada manusia, karena badanku besar, dagingku banyak, bila diqurbankan bisa untuk tujuh jiwa dan namaku dijadikan nama surat dalam Al-Quran (Al-Baqarah). Tetapi kamu kambing, apa manfaatnya?”

Maka kambing berkata, “Aku ini biar pun badanku kecil, tetapi dagingku sangat disukai oleh manusia, kulitku bisa dijadikan jaket dan sepatu oleh manusia, bisa juga dijadikan rebana, bahkan jika diperhalus dan diwangikan bisa menjadi sampul Al-Quran. Daripada kamu, anjing, apa manfaatnya untuk manusia.”

Maka anjing terperanjat dan merasa ingin bersaing, ia pun menimpal, “Aku juga berguna untuk manusia, aku dapat menjaga hartanya, aku dapat membantu tuanku berburu di hutan, aku juga dapat mencegah orang lain yang tidak disukai oleh tuanku untuk memasuki rumahnya dan mengusirnya, aku bisa membantu polisi untuk melacak kejahatan manusia, dan aku adalah satu-satunya hewan yang dapat menyertai manusia memasuki Jannah (dalam Ashabul Kahfi). Daripada kamu hai babi.”

Maka sang babi pun menimpal, “Walaupun wajahku buruk, dan aku ditetapkan dalam Al-Quran sebagai hewan yang najis bagi manusia, tetapi jika aku mati, maka aku menjadi tanah dan habislah persoalan hidupku, daripada manusia yang ingkar kepada Allah, setelah mati ia akan dihidupkan lagi dengan kekal dan harus mempertanggungjawabkan semua perbuatannya di hadapan Allah dan ia akan dibakar di dalam neraka selama-lamanya.”

Bekaitan dengan tamsil di atas, Allah Subhaanahu wata’aala berfirman, “Sesungguhnya Kami telah memperingatkari kepadamu (hai orang yang ingkar) siksa yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya dan orang ingkar berkata, ‘Alangkah baiknya sekiranya aku dijadikan tanah saja.” (Qs. An-Naba: 40)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s