Posted in Islami

Dunia dan Sepak Bola


Bukti bahwa dunia adalah main-main akan tampak pada tamsil berikut:
Dalam sepak bola dikenal adanya pemain bola.Dan orang pun sepakat (antara yang main dan yang menonton) bahwa yang mengiring bola di lapangan dan menjaringkannya ke gawang, sibuk menjaga dan mengopernya adalah pemain, bukan pesungguh. Karena hakekatnya yang sibuk. dengan urusan bola adalah pemain sepak bola. Meskipun dia seorang pemain sepakbola kaliber dunia, tetap saja hakekatnya dia sama saja dengan pemain sepak bola kelas desa atau kelas nasional, sama-sama pemain. Semuanya bukan sungguh-sungguh. Namanya saja pemain bukan pesungguh.

Begitu pun dengan dunia, Allah Swt. telah memberitakan dalam banyak ayat al Qurán, dikuatkan oleh Hadits-hadits Nabi saw. bahwa dunia ini adalah main-main, bukan sungguh-sungguh. Sehingga pemain dunia itu pada hakekatnya semua sama. Hanya ada kelas tinggi/ internasional (seperti pemain sepak bola kaliber dunia tadi) dan ada yang kelas biasa-biasa dan kelas rendah (kelas lokal). Yang membedakan antara pemain dunia kelas tinggi dan kelas biasa dan rendah untuk sementara waktu hanyalah pada kostum (kekayaan) dan lapangan sepak bolanya (jabatan). Setelah permainan usai maka para pemain tadi pun kembali menjadi bukan pemain lagi.

Dunia memang main-main. Yang hari ini kaya mungkin besok jatuh miskin, hari ini sehat besok bisa jadi sakit, hari ini dihina besok ada harapan dipuja-puja, tak ada kesungguhan di dalamnya. Sadarilah… karena kita pun sedang terlibat dalam permainan dunia, maka jangan lupa kalau permainannya sudah selesai (saat kematian) maka kita akan menjadi pesungguh di alam akherat nanti. Jika dalam permainan sepak bola yang hanya main- main itu pemainnya bersungguh..sungguh maka ia akan menjadi pemain kelas dunia. Apalagi untuk akherat yang membutuhkan kesungguhan kita pun haruslah ekstra sungguh-sungguh sebagai pemain dunia supaya nanti terkenal di akherat sebagai pemain dunia dengan prestasi untuk akherat (melalui amalan agama).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s